Progress Perekaman e KTP di Kabupaten Cirebon

Perekaman e KTP

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon dalam rangka pencapaian target perekaman e-KTP telah berupaya terjun langsung ke masyarakat yaitu dengan pelayanan e-KTP mobile dan turut serta dalam pelayanan satu atap dengan pihak polsek maupun dalam setiap momen/kegiatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Salah satu contoh dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini maupun Hari Buruh yang diselenggarakan oleh Disnakertrans Kabupaten Cirebon yang bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Lurah Kecamatan Plumbon pada tanggal 28 April 2013. Dalam kegiatan tersebut dilakukan secara langsung perekaman e-KTP kepada warga/ pengunjung yang belum direkam datanya sebanyak 110 orang.

                 Sampai saat ini masih banyak penduduk Kabupaten Cirebon yang belum melakukan perekaman e KTP. Data terakhir perekaman e-KTP di Kabupaten Cirebon mencapai 1.165.090 jiwa dari target perekaman 1.479.107 jiwa atau baru mencapai 78,77 %. Sedangkan jumlah produk e-KTP yang sudah jadi dan telah di distribusikan Pemerintah Pusat melalui PT.POS sebanyak 920.729 keping. Tetapi tidak semua jumlah tersebut diterima warga dikarenakan ada beberapa yang harus dikembalikan ke Pemerintah Pusat. Terdiri dari e-KTP yang salah sebanyak 655 keping, baik salah nama,identitas,jenis kelamin maupun tanggal lahir,sedangkan e-KTP yang ganda sebanyak 2.919 keping.

                 Dari hasil Rapat Pengelolaan SIAK di Jakarta tanggal   24 s/d 26 April 2013, beberapa pointer yang ditekankan Pemerintah Pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri adalah sebagai berikut:

  1. Percepatan perekaman e-KTP bagi penduduk wajib KTP yang belum melaksanakan perekaman paling lambat bulan Juni 2013
  2. Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri telah melaksanakan MOU dengan Ditjen Pajak dan Kesehatan untuk integrasi data kependudukan dimana untuk penomeran NPWP dan Askes berdasarkan NIK
  3. Mempercepat pencetakan e-KTP yang belum tercetak dan secepatnya menyerahkan proses pencetakan e-KTP ke masing-masing Kabupaten/Kota.
  4. NIK yang sudah terekam dan tercetak tidak bisa dirubah dan berlaku seumur hidup dimanapun yang bersangkutan tinggal.
  5. Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri akan segera mengintegrasikan data e-KTP secara Nasional kepada Pimpinan Kementerian, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pimpinan Kepolisian, Pimpinan Perbankan dan lain-lain.

                

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply